Ulasan Harga Besi Hollow Semua Ukuran, Jenis dan Kegunaan

Project pembangunan atau konstruksi dari waktu ke waktu makin ramai. Keinginan pada material juga makin bertambah. Perubahan sekarang menunjukkan jika arsitek atau pengembang bukan sekedar terpaku pada ketahanan susunan saja dan juga pada unsur estetika.

Mengenal Besi Hollow

Dalam tiap project, baik project residensial atau komersial, salah satunya hal penting yang perlu harus jadi perhatian ialah rangka plafon sebab rangka ini konstruksi penopang plafon. Sebab manfaatnya jadi penopang, persyaratan intinya ialah harus kuat dan mempunyai nilai estetika. Hal – hal penting yang perlu dilihat dalam pemasangannya salah satunya ialah pengukuran jarak serta material.

Salah satunya material yang sekarang mulai banyak dipakai untuk rangka plafon ialah besi hollow. Arti besi hollow mungkin cukup asing serta susah dipahami. Tetapi, terntaya besi hollow ialah besi yang berupa pipa kotak. Besi hollow umumnya dibuat dari besi galvanis serta galvanum. Pada awalnya bahan baku yang dipakai untuk pengerjaan besi hollow ini dibuat dari kombinasi zinc serta alumunium yang banyak dipakai di negara – negara maju sebab kekuatannya yang tahan karat serta termasuk juga reflektor panas yang baik.

Besi hollow mempunyai beberapa keunggulan yang membuat jenis besi ini sangat banyak disukai oleh warga. Beberapa keunggulan besi hollow salah satunya ialah tahan api, anti rayap, anti karat, proses pemasangan yang cepat, serta harganya cukup dapat dijangkau. Pemasangan besi hollow dapat bertambah cepat sebab untuk pemasangannya tidak membutuhkan kemampuan yang begitu susah. Pemasangan yang bertambah cepat pasti mengirit ongkos tenaga kerja untuk pemasangan. Diluar itu harga besi hollow lebih dapat dijangkau hingga dapat kurangi ongkos konstruksi.

Harga Besi Hollow Semua Ukuran, Jenis dan Kegunaan

Besi Hollow tidak hanya untuk rangka plafon banyak juga dipakai untuk rangka dinding partisi hingga nanti bangunan jadi tahan api, anti rayap atau binatang pengerat lain, bebas dari karat serta korosi karena pergantian cuaca atau sebab air hujan yang berbentuk asam.

Besi hollow mempunyai kualitas yang bagus sebab berbahan yang kuat serta mempunyai ketahanan untuk kepentingan periode panjang.

Tips Memilih Besi Hollow di Toko Bangunan

Pilih besi holo untuk kontruksi bangunan bukan yang gampang serta pasti perlu kecermatan sebab benar-benar memengaruhi keamanan serta kenyamanan penghuni. Sebelum pergi ke toko yang jual besi holo, Sebaiknya anda cari info sebanyaknya tentang beberapa hal berkaitan besi holo seperti jenis, brand, harga, dan lain-lain. Untuk memperoleh besi holo berkualitas, tidak ada kelirunya lakukan banyak hal berikut ini waktu datang di toko material yang jual besi holo.

Hal pertama yang dapat dikerjakan untuk pilih produk paling baik setibanya di toko yang jual besi holo ialah cari merek yang sudah populer serta harga yang bersaing. Anda pasti sudah tahu info merek besi holo apa yang populer dari bermacam sumber. Cari merek itu atau bertanya langsung pada karyawan toko. Merek populer umumnya memberi produk yang berkualitas tinggi serta kadang memberi garansi kualitas. Bila Anda temukan lebih dari satu merek besi holo yang populer, banding harga keduanya. Bila memang harganya bersaing dengan beda harga yang tipis, Anda dapat beli produk besi holo yang tambah mahal.

Hal ke-2 yang dapat dikerjakan untuk pilih material ini di toko yang jual besi holo ialah pilih produk berdasar peranan serta keperluan. Bila Anda memerlukan besi holo jadi pipa aliran air bersih, pembuangan sampah, dan sebagainya, pasti berlainan dengan besi holo yang akan dipakai untuk rangka plafon, pagar, teralis dan lain-lain. Jadi contoh, bila Anda beli besi holo untuk aliran air bersih, Anda pasti harus beli pipa besi yang memiliki kekuatan semakin besar untuk menangani desakan air yang besar. Tak perlu sangsi untuk menanyakan serta minta pendapat pada karyawan toko yang tambah lebih pahami mengenai semasing peranan besi holo supaya sesuai keperluan Anda.

Hal ke-3 yang perlu dikerjakan waktu pilih di toko yang jual besi holo ialah memerhatikan sisi sambungan batang pipa besi sebab semasing pipa mempunyai langkah penyambungannya sendiri. Yakinkan jika di bagian sambungan itu tidak ada kotoran terlalu berlebih. Demikian info tentang panduan pilih besi holo. Mudah-mudahan dapat meningkatkan pengetahuan Anda pada bagian konstruksi.

Jenis Besi Hollow & Ukuran Besi Hollow

Apakah itu besi hollow?. Besi hollow adalah besi yang berupa kotak (persegi atau persegi panjang) dengan tebal serta panjang yang beragam.

Besi hollow jadi besi yang cukup terkenal pada sekarang sebab manfaatnya yang lumayan banyak serta bermacam. Dari mulai kanopi, pintu pagar, pagar, pintu besi, railing, teralis minimalis kekinian, serta pemasangan gypsum serta GRC board memakai besi hollow jadi salah satunya elemen intinya.

Besi hollow sangat pas diterapkan berdampingan dengan model minimalis. Memiliki bentuk yang lurus serta kotak, benar-benar menggambarkan keminimalisan satu besi hollow.

Berikut beberapa jenis besi hollow yang butuh Anda tahu:

  1. Besi Hollow Galvanise

Besi ini merupakan sebutan untuk pelapisan finishing yang terdiri dari 97% unsur coating zinc ( besi ), ± 1% unsur coating alumunium dan sisanya adalah unsur bahan lain. Dengan komposisi bahan seperti ini, akan membuat besi hollow jenis ini menjadi korosif, terlebih lagi jika besi ini tergesek maupun terpotong. Oleh karena itu, pada penerapannya hollow ini harus diberikan anti karat dan jenis cat yang bagus agar tahan lebih lama meskipun diterpa hujan dan panas.

  2. Besi Hollow Galvalume

Galvalume merupakan sebutan untuk Zinc-Alume yang pelapisannya mengandung unsur Alume ( Aluminium ) dan Zinc ( besi ). Untuk bahan Galvalume yang paling baik terdiri dari unsur coatingnya 55% Aluminium, unsur besi 43,5% dan unsur lapisan silicon 1,5%. Dilihat dari komposisi bahannya, hollow galvalume ini memiliki ketahanan yang lebih baik terhadap korosi dibandingkan hollow galvanise. Dengan kualitas yang bagus, otomatis harga dari pada galvalume lebih mahal daripada galvanise

Produk besi hollow yang dikeluarkan setiap pabrik akan berbeda-beda kualitasnya, oleh karena itu harganyapun juga akan berbeda-beda. Semakin bagus kualitasnya, harga pasti akan semakin mahal pula. Meskipun demikian, besi hollow tetap mempunyai standard ukuran.

Berikut dimensi / ukuran besi hollow yang perlu Anda ketahui:

No.p(mm)l(mm)
11636
22020
33030
43636
54060
64575
76060
850100
Panjang dari besi hollow sendiri berukuran 6 meter. Dari semua dimensi di atas, besi hollow juga mempunyai ketebalan yang berbeda-beda, yaitu dimulai dari 0.6 mm, 0.7 mm, 0.8 mm, 0.9 mm, 1.0 mm, 1.2 mm, 1.3 mm, 1.4 mm, sampai dengan 1.7 mm.

Kelebihan Besi Hollow

Besi hollow atau besi kotak adalah salah satunya jenis besi yang mempunyai fungsi penting di bagian konstruksi bangunan. Pemakaian besi jenis ini masih termasuk jarang-jarang di Indonesia, terkecuali dalam proyek-proyek tersendiri. Bersamaan dengan perubahan dunia property di Indonesia, pemakaian besi jenis hollow atau kotak untuk keperluan konstruksi bangunan akan makin bertambah di waktu depan. Ini karena warga makin memerlukan kualitas paling baik untuk bangunan rumah mereka.

Umumnya, besi jenis hollow ini dipakai jadi kerangka atap rumah atau plafon. Ini disebebkan sebab besi jenis ini mempunyai ketahanan yang benar-benar baik serta banyak toko bangunan yang jual besi kotak atau hollow tawarkan pada kontraktor untuk memakai bahan besi ini. Nah, bila Anda masih sangsi memakainya, berikut beberapa kelebihan besi jenis hollow yang pantas diperhitungkan:

  • Tidak dikonsumsi rayap

Sebab mempunyai karakter yang kuat, besi ini tidak gampang ringkih. Tidak seperti kayu, besi jenis hollow ini dikenal juga anti rayap hingga dapat bertahan lebih lama dibanding dengan kayu. Perihal ini pula yang mengakibatkan besi ini makin banyak diambil untuk dipakai dalam konstruksi bangunan dibanding dengan kayu.

  • Peredam panas yang baik

Besi ini mempunyai karakter peredam panas hingga sinar matahari yang masuk ke rumah melalu antara genteng tidak begitu berasa masuk ke rumah. Ini karena besi jenis ini dibuat dari besi galvalum serta galvanis.

  • Nilai estetika tinggi

Dari sisi estetika, pemakaian besi jenis ini jadi kerangka atap akan membuat penampilan rumah anda berkesan futuristik. Jadi anda tak perlu cemas kehilangan seni estetika rumah bila tidak memakai kayu jadi kerangka atap.

  • Tahan karat

Besi jenis ini mempunyai karakter serta ketahanan yang kuat pada karat hingga tidak gampang lapuk. Kekuatannya yang ke-3 ini tentunya membuat jadi salah satunya bahan bangunan yang bisa banyak dicari di waktu mendatang. Ditambah lagi bila kita bicara tentang masalah rumor lingkungan hidup dimana perlindungan rimba telah makin ketat hingga pemakaian kayu jadi bahan baku bangunan dikit demi sedikit harus diminimalkan.

  • Tahan Bakar

Besi jenis ini tidak gampang terbakar hingga sekurang-kurangnya memunculkan perasaan aman buat beberapa yang tinggal di rumah. Meskipun tentu saja kita tidak inginkan insiden jelek seperti kebakaran menempa rumah kita.

  • Pemasangan bertambah cepat

Besi ini lebih gampang untuk dipasang serta dikonstruksikan hingga mengirit ongkos serta waktu dalam penerapan pembangunan rumah. Beberapa tukang tentu saja tidak alami kesusahan yang bermakna saat lakukan pemasangan material ini.

  • Harga ekonomis

Bila dibanding dengan kayu, harga jual besi kotak ini tambah murah serta ekonomis. Anda tidak lakukan banyak ongkos pengeluaran untuk lakukan konstruksi atap rumah anda. Hingga uang yang anda pegang masih dapat dipakai untuk keperluan material yang lain.

Penggunaan Besi Hollow Pada Bangunan

  • Konstruksi Rangka Gypsum

Jika Anda memerhatikan dengan cermat, sekarang rumah kekinian biasanya menempatkan plafon yang dibuat dari papan gypsum. Ini dikarenakan oleh nilai estetika yang dibuat benar-benar baik sebab plafon kelihatan rapi, rata serta mulus seperti tidak ada sambungan benar-benar. Diluar itu plafon gypsum dapat jadi tanda yang baik apa atap rumah Anda bocor ataukah tidak. Kehancuran pada plafon gypsum itu juga benar-benar gampang diperbaiki. Anda dapat membaca tulisan saya sebelumnya yang berjudul “Memperbaiki Plafon Gypsum Berlubang”.

Rangka plafon gypsum pada intinya bisa dibedakan jadi dua berdasar jenis rangkanya yakni yang memakai rangka kayu dan rangka metal. Pemakaian rangka kayu sekarang sangatlah menyusut sebab mempunyai banyak kekurangan seperti bahan kayu yang baik makin sulit didapatkan, tidak tahan rayap, dan kayu harus diserut dengan rata untuk memperoleh pekerjaan yang rapi. Sesaat pemakaian rangka metal seperti besi hollow atau metal furing tidak hanya berbentuk tahan rayap, membuahkan pekerjaan yang bertambah cepat serta lebih rapi.

Tulisan saya tentang langkah pemasangan plafon gypsum akan dibagi jadi dua sisi. Di bagian pertama tulisan ini akan saya ulas tehnik pemasangan rangka plafon dari metal furing atau hollow. Sedang pada tulisan kelanjutan akan dibahas tehnik pemasangan papan gypsum dan proses finishing pemasangannya.

Rangka plafon papan gypsum dari metal furing atau hollow biasanya memakai skema suspended ceiling (lihat gambar. Kredit: http://www.regencyconstruction.com). Skema ini membuahkan kisi-kisi dari metal yang digantung di bawah atap atau dak beton dengan memakai serangkaian kawat. Kisi-kisi ini selanjutnya ditutup dengan memakai papan gypsum. Skema suspended ceiling terdiri jadi dua yakni skema menonjolkank (exposed grid) yang menonjolkan kisi-kisi rangka plafon serta skema tanpa ada sambungan (concealed grid) yang membuahkan tampilan yang mulus serta bersih.

Menempatkan rangka plafon dari metal furing atau hollow sebetulnya tidak susah, cuma perlu kecermatan, bahan serta alat yang benar dan tehnik pemasangan yang benar. Pada intinya pemasangan rangka plafon dari metal furing atau hollow bisa diuraikan jadi langkah-langkah yakni:

  1. Sebelum pekerjaan rangka plafon dilakukan, terlebih dahulu seluruh item pekerjan di atas plafon harus sudah diselesaikan.
  2. Langkah pertama dan terpenting dari pemasangan rangka adalah mengukur garis ketinggian plafon sekeliling ruangan yang hendak dipasang rangka. Anda dapat menggunakan pengukur waterpas pada beberapa titik di sekeliling ruangan. Gambar garis untuk menyatukan titik-titik tersebut.
  3. Langkah berikutnya adalah pemasangan wall angle(siku metal) sebagai penyangga metal furing. Tempatkan siku metal pada tanda garis. Selalu mulai dengan dinding dengan luas terpanjang. Bor siku metal dengan jarak antar baut/sekrup 40 cm. Pastikan siku dibaut dengan kencang agar kuat  menyangga metal furing.
  4. Teruskan pemasangan siku metal pada bagian dinding yang lain. Harap diperhatikan bahwa pada sudut dinding, siku metal sebaiknya dipasang saling tindih sepanjang 40 cm. Bentuk siku metal menjadi L di ujung dengan menggunakan gunting hollow. Kencangkan juga semua pada daerah metal yang bertindihan tersebut.
  5. Setelah siku metal terpasang, beri garis dengan pensil atau spidol untuk setiap 40 cm sebagai tanda bagi pemasangan metal furing atau hollow. Jarak antar metal furing sebaiknya 40cm atau bila ingin lebih longgar, maksimum 60cm. Semakin besar jarak metal furing atau hollow akan berisiko menghasilkan plafon yang tidak rata atau melengkung.
  6. Potong metal furing sesuai dengan panjang yang direncanakan dan tempatkan di atas siku metal. Kencangkan dengan baut.
  7. Rangka utama (main channel atau C channel) digantungkan pada kawat penggantung  dengan menggunakan U clampdan ditempatkan di atas metal furing dengan posisi menyilang. Kaitkan persilangan kedua jenis metal tersebut dengan menggunakan channel clamp.
  8. Tahap terakhir dari pemasangan rangka adalah penguatan rangka tersebut dengan pemasangan bracket dan hanger.

Tabel Berat Jenis Besi Hollow

Size

Berat

40 x 40 x 2 mm x 6 Meter

14.45 Kg

40 x 40 x 2.3 mm x 6 Meter

16.60 Kg

50 x 50 x 2 mm x 6 Meter

18.21 Kg

50 x 50 x 2.3 mm x 6 Meter

20.94 Kg

50 x 50 x 2.5 mm x 6 Meter

22.77 Kg

50 x 50 x 2.7 mm x 6 Meter

25 Kg

50 x 50 x 2.8 mm x 6 Meter

25.50 Kg

50 x 50 x 3 mm x 6 Meter

27.32 Kg

60 x 60 x 2 mm x 6 Meter

22 Kg

60 x 60 x 2.3 mm x 6 Meter

25.26 Kg

60 x 60 x 2.5 mm x 6 Meter

27.50 Kg

60 x 60 x 2.8 mm x 6 Meter

30.77 Kg

60 x 60 x 3 mm x 6 Meter

33 Kg

60 x 60 x 3.2 mm x 6 Meter

35.17 Kg

75 x 75 x 2 mm x 6 Meter

27.63 Kg

75 x 75 x 2.3 mm x 6 Meter

32 Kg

75 x 75 x 2.5 mm x 6 Meter

34.53 Kg

75 x 75 x 3.2 mm x 6 Meter

44.19 Kg

100 x 100 x 3.2 mm x 6 Meter

59.28 Kg

100 x 100 x 4.5 mm x 6 M

83.37 Kg

125 x 125 x 3.2 mm x 6 M

74.36 Kg

125 x 125 x 4.5 mm x 6 M

104.56 Kg

150 x 150 x 4.5 mm x 6 M

125.76 Kg

150 x 150 x 5 mm x 6 M

139.73 Kg

Ukuran Besi Hollow

Jenis UkuranPanjang
Hollow 15 x 30 x 0.60 mm6 m
Hollow 15 x 30 x 0.80 mm6 m
Hollow 15 x 30 x 1.10 mm6 m
Hollow 15 x 30 x 1.40 mm6 m
Hollow 17 x 37 x 0.60 mm6 m
Hollow 17 x 37 x 1.10 mm6 m
Hollow 17 x 37 x 1.40 mm6 m
Hollow 17 x 37 x 1.70 mm6 m
Hollow 20 x 20 x 0.60 mm6 m
Hollow 20 x 20 x 1.10 mm6 m
Hollow 20 x 20 x 1.40 mm6 m
Hollow 20 x 20 x 1.70 mm6 m
Hollow 20 x 40 x 0.60 mm6 m
Hollow 20 x 40 x 0.80 mm6 m
Hollow 20 x 40 x 1.10 mm6 m
Hollow 20 x 40 x 1.40 mm6 m
Hollow 20 x 40 x 1.70 mm6 m
Hollow 20 x 40 x 2.00 mm6 m
Hollow 25 x 50 x 0.80 mm6 m
Hollow 25 x 50 x 1.10 mm6 m
Hollow 25 x 50 x 1.40 mm6 m
Hollow 25 x 50 x 1.70 mm6 m
Hollow 30 x 30 x 0.60 mm6 m
Hollow 30 x 30 x 0.80 mm6 m
Hollow 30 x 30 x 1.10 mm6 m
Hollow 30 x 30 x 1.40 mm6 m
Hollow 30 x 30 x 1.70 mm6 m
Hollow 30 x 30 x 2.00 mm6 m
Hollow 30 x 60 x 0.80 mm6 m
Hollow 30 x 60 x 1.10 mm6 m
Hollow 30 X 60 X 1.40 mm6 m
Hollow 30 X 60 X 1.70 mm6 m
Hollow 37 X 37 X 0.60 mm6 m
Hollow 37 X 37 X 0.80 mm6 m
Hollow 37 X 37 X 1.10 mm6 m
Hollow 37 X 37 X 1.40 mm6 m
Hollow 37 X 37 X 1.70 mm6 m
Hollow 40 X 40 X 0.80 mm6 m
Hollow 40 X 40 X 1.10 mm6 m
Hollow 40 X 40 X 1.40 mm6 m
Hollow 40 X 40 X 1.70 mm6 m
Hollow 40 X 40 X 2.00 mm6 m
Hollow 40 X 60 X 0.60 mm6 m
Hollow 40 X 60 X 1.10 mm6 m
Hollow 40 X 60 X 1.40 mm6 m
Hollow 40 X 60 X 1.70 mm6 m
Hollow 40 X 60 X 2.00 mm6 m
Hollow 50 X 50 X 1.10 mm6 m
Hollow 50 X 50 X 1.40 mm6 m
Hollow 50 X 50 X 1.70 mm6 m
Hollow 50 X 50 X 2.00 mm6 m

Harga Besi Hollow Berbagai Ukuran

Jenis UkuranHarga ( Rp )
Hollow 15 x 30 x 0.60 mm32.000
Hollow 15 x 30 x 0.80 mm40.900
Hollow 15 x 30 x 1.10 mm56.500
Hollow 15 x 30 x 1.40 mm65.000
Hollow 17 x 37 x 0.60 mm36.000
Hollow 17 x 37 x 1.10 mm66.200
Hollow 17 x 37 x 1.40 mm79.000
Hollow 17 x 37 x 1.70 mm89.000
Hollow 20 x 20 x 0.60 mm28.000
Hollow 20 x 20 x 1.10 mm49.500
Hollow 20 x 20 x 1.40 mm60.500
Hollow 20 x 20 x 1.70 mm67.500
Hollow 20 x 40 x 0.60 mm41.500
Hollow 20 x 40 x 0.80 mm54.900
Hollow 20 x 40 x 1.10 mm70.500
Hollow 20 x 40 x 1.40 mm84.900
Hollow 20 x 40 x 1.70 mm98.500
Hollow 20 x 40 x 2.00 mm114.600
Hollow 25 x 50 x 0.80 mm69.900
Hollow 25 x 50 x 1.10 mm96.200
Hollow 25 x 50 x 1.40 mm116.500
Hollow 25 x 50 x 1.70 mm119.900
Hollow 30 x 30 x 0.60 mm44.800
Hollow 30 x 30 x 0.80 mm54.880
Hollow 30 x 30 x 1.10 mm76.160
Hollow 30 x 30 x 1.40 mm87.360
Hollow 30 x 30 x 1.70 mm90.500
Hollow 30 x 30 x 2.00 mm100.800
Hollow 30 x 60 x 0.80 mm82.880
Hollow 30 x 60 x 1.10 mm115.00
Hollow 30 X 60 X 1.40 mm140.000
Hollow 30 X 60 X 1.70 mm144.480
Hollow 37 X 37 X 0.60 mm52.500
Hollow 37 X 37 X 0.80 mm64.900
Hollow 37 X 37 X 1.10 mm89.600
Hollow 37 X 37 X 1.40 mm109.00
Hollow 37 X 37 X 1.70 mm112.000
Hollow 40 X 40 X 0.80 mm73.920
Hollow 40 X 40 X 1.10 mm92.960
Hollow 40 X 40 X 1.40 mm112.000
Hollow 40 X 40 X 1.70 mm128.690
Hollow 40 X 40 X 2.00 mm145.500
Hollow 40 X 60 X 0.60 mm75.500
Hollow 40 X 60 X 1.10 mm129.800
Hollow 40 X 60 X 1.40 mm155.680
Hollow 40 X 60 X 1.70 mm160.160
Hollow 40 X 60 X 2.00 mm219.900
Hollow 50 X 50 X 1.10 mm129.800
Hollow 50 X 50 X 1.40 mm155.680
Hollow 50 X 50 X 1.70 mm161.160
Hollow 50 X 50 X 2.00 mm222.760

Tags: